Tinggalkan komentar

Bahaya Miras Bagi Kesehatan

3Minuman keras merupakan minuman yang berbahaya bagi kesehatan. Minuman keras bisa kita bisa dapatkan di agen-agen yang menjualnya secara tertutup. Di Indonesia minuman keras merupakan minuman yang dilarang oleh agama dan pemerintah. Apabila seseorang mengkonsumsi minuman keras dalam beberapa menit saja efeknya sudah terlihat, yaitu dia akan mabuk. Meskipun memabukkan tidak sedikit orang yang suka mengkonsumsi minuman keras yang mengandung alkohol ini.Tidak hanya kalangan pria saja,namun juga wanita. Biasanya mereka mengkonsumsi minuman beralkohol ini supaya mereka lupa akan masalah-masalah yang dihadapi, karena mengkonsumsi miras bisa menyebabkan orang tidak sadarkan diri dalam waktu yang cukup lama.

Selain berbahaya untuk kesehatan, kebiasaan mengkonsumsi miras dapat membahayakan orang lain. Banyak kejadian-kejadian buruk yang dilakukan oleh seseorang yang mengkonsumsi miras. Misalnya melakukan kejahatan seperti cepat marah, berkelahi, bahkan saling membunuh. Hal ini mereka lakukan diluar kesadaran. Orang yang mengkonsumsi minuman keras kemudian berkendara sangat berbahaya untuk keselamatan dirinya dan orang lain, karena bisa menimbulkan kecelakaan yang berakibat pada kematian.

Dampak minuman keras bagi kesehatan antara lain:

  1. Mengalami gangguan lever

Alkohol dapat memicu lever supaya bekerja lebih keras saat menyaring cairan dari minuman beralkohol tersebut. Dari 10% hingga 20% penyakit lever diakibatkan karena minuman alkohol.

  1. Kehilangan akal sehat

Orang yang terpengaruh minuman keras bisa kehilangan akal sehatnya, sehingga sukar menerima atau merespon perkataan orang lain dengan baik.

  1. Kesehatan mental menurun

Minuman keras atau miras mampu menurunkan fungsi otak, kemampuan indera yang menurun, memicu terkena depresi serta frustasi.

  1. Mengakibatkan kecanduan

Kecenderungan mengalami kecanduan disebabkan karena minuman akohol mampu menciptakan sensasi tersendiri bagi peminumnya. Akibatnya tidak hanya mengganggu kesehatan fisik melainkan juga kesehatan mental.

  1. Dipandang negatif oleh masyarakat

Mendapat persepsi atau pandangan negatif dari masyarakat, yang kemudian sulit untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat dilingkungan sekitarnya.

  1. Memabukkan, rasa mual dan muntah

Orang yang mengkonsumsi minuman keras diluar ambang toleransi tubuh dapat merasa mabuk, mual, dan muntah-muntah.

Demikian sekilas info mengenai bahaya miras bagi kesehatan. Demi keselamatan diri kita sendiri dan juga untuk orang lain, sebaiknya kita jangan sekali-kali mencoba mengkonsumsi miras. Sebisa mungkin lakukan pencegahan peredaran miras sekitar kita, agar tercipta lingkungan masyarakat yang aman, tentram dan harmonis. Terima kasih.

Tinggalkan komentar